News : Safari Jurnalistik di Tenjolaya Bogor, Subagiyo: Jaga Nama Baik PWI yang Terkikis Oknum Wartawan

Safari Jurnalistik di Tenjolaya Bogor, Subagiyo: Jaga Nama Baik PWI yang Terkikis Oknum Wartawan

Safari Jurnalistik di Tenjolaya Bogor, Subagiyo: Jaga Nama Baik PWI

Safari Jurnalistik di Tenjolaya Bogor, Subagiyo: Jaga Nama Baik PWI yang Terkikis Oknum Wartawan

WBN, Bogor – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor menggelar sosialisasi Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan KIP. Dalam kegiatan Safari Jurnalistik di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor pada Senin, 12 Desember 2022.

Pemateri pertama, Ketua PWI Subagiyo menyampaikan kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberi pemahaman dan pengetahuan. Tentang UUD Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan KEJ terkait kinerja wartawan yang beretika.

“Di sini, kami bukan bermaksud menggurui dalam pelaksanaan sosialisasi. Namun untuk sharing pengalaman maupun wawasan. Serta berupaya menjaga nama baik profesi wartawan yang mulai terkikis oleh sejumlah oknum,” ujarnya di hadapan para Kepala UPT, Kepala Desa dan Kepala Sekolah se-Kecamatan Tenjolaya.

Sosialisasi pencerahan hukum dan KEJ adalah agenda rutin PWI Kabupaten Bogor. Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan pencerahan. Dalam penyelesaian sengketa pemberitaan di media sosial.

Ketua PWI juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama panitia penyelenggara yang telah menyusun seluruh rangkaian kegiatan ini.

“Dengan tetap menjaga kekompakan dan penuh rasa tanggungjawab,” ucap Subagiyo.

Sementara itu pemateri kedua, Ketua bidang Advokasi PWI Kabupaten Bogor Deddy Juliawan mengatakan sosialisasi tentang KIP ini sangat bermanfaat untuk para peserta yang hadir.

“Kedepannya, untuk mengantisipasi oknum yang di duga sering mengintimidasi narasumber. Para peserta yang hadir memiliki hak jawab,” kata Subagiyo.

“Kalau ada oknum wartawan yang mengintimidasi. Yaitu hak narasumber apakah memberi keterangan atau tidak kepada wartawan,” sambung Deddy.

Camat Tenjolaya mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada PWI. Yang telah berkenan hadir dengan berbagai wawasan dan pengetahuan tentang dunia kewartawanan.

BACA JUGA BERITA LAIN KAMI  Delegasi Militer Arab Saudi dan TNI Bertemu Bahas Kerja Sama

“Karena era digital semua informasi langsung bisa di akses terlebih lagi seperti informasi media sosial. Sehingga siapapun bisa menjadi wartawan,” katanya saat membuka acara Safari Jurnalis yang di prakarsai oleh PWI Kabupaten Bogor.

 

Penulis : Refer
Editor : Rieqhe
 

Berita Lain : PWI Kabupaten Bogor Gelar Safari Jurnalistik, Subagiyo: Kedepankan Kode Etik

 

Safari / PULBAKET

Visited 3 times, 1 visit(s) today

Tags: , , ,

Kategori