News : PWI Kabupaten Bogor Gelar Safari Jurnalistik, Subagiyo: Kedepankan Kode Etik

PWI Kabupaten Bogor Gelar Safari Jurnalistik, Subagiyo: Kedepankan Kode Etik

PWI Kabupaten Bogor Gelar

PWI Kabupaten Bogor Gelar Safari Jurnalistik, Subagiyo: Kedepankan Kode Etik

 

WBN, Bogor – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor menggelar safari jurnalistik ke 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor kegiatan pertama di gelar di Kecamatan Cibinong, pada Rabu, 26 Oktober 2022.

Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagiyo mengatakan wartawan harus memiliki sikap Independen. Akurat dan profesional serta berimbang dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

“Wartawan Indonesian harus menguji, meneliti dan kroscek terhadap setiap informasi yang diterima,” ujarnya

Dalam acara safari jurnalistik yang di ikuti oleh para lurah se-kecamatan Cibinong. Dan para pejabat setingkat kepala seksi ini, Subagiyo menjelaskan keberadaan UU Pokok Pers. Kode Etik Jurnalistik merupakan rambu rambu hukum yang patut ditaati para insan pers.

“Dengan kata lain, wartawan bukan mahkluk yang kebal hukum. Mereka bisa di tindak sesuai dengan tingkat permasalahan yang mereka buat. Tidak bisa bertindak seenaknya dalam menjalankan profesinya,” tegasnya.

Lanjutnya, wartawan dalam menjalankan tugas peliputan, menggali dan mengumpulkan informasi, konfirmasi atau pun klarifikasi haruslah mengedepankan Kode Etik Jurnalistik.

“Dalam memuat berita wartawan tidak boleh menjustifikasi. Selalu mengedepankan azas praduga tidak bersalah,” kata Subagiyo.

“Apalagi sekarang ada UU ITE. Yang bisa mengancam wartawan. Jika dalam menulis atau memuat beritanya tidak akurat atau berita bohong (hoax). Menyebabkan pencemaran nama baik seseorang yang bisa berujung pada tuntutan pidana,” sambung H Subagiyo.

Senada, Wakil ketua III PWI Kabupaten Bogor, Saiful Kurniana dan penasehat Untung Bachtiar dalam pemaparannya menekankan bahwa profesi wartawan harus betul-betul memahami. Dan menjalankan Kode Etik Jurnalistiknya. Untuk menghindari delik hukum yang bisa menyeret pribadi wartawan tersebut ke ranah Pidana.

Camat Cibinong Rusliandi mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang di prakarsai oleh PWI Kabupaten Bogor.

BACA JUGA BERITA LAIN KAMI  Penutupan Panitia Rakerda SMSI Jabar di Telaga Seafood Cikarang

“Kami selaku pelayan masyarakat tidak bisa menghindar dan bertemu dengan para awak media. Selaku sosial kontrol dan menjalankan UU. Untuk itu mari kita saling bersinergi,” ucap Rusliandi.

 

Penulis : Refer
Editor : Rieqhe
 

Berita lain : PWI Kabupaten Bogor Gelar Donor Darah, Plt Bupati: Bantu Ketersediaan Darah di PMI 

 

PWI Kabupaten Bogor / PULBAKET

Visited 1 times, 1 visit(s) today

Tags: , , ,

Kategori