Portal Warta Bela Negara

Kawah Putih Ciwidey, Lokasi Rekomendasi Destinasi Wisata Jabar

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey, Lokasi Rekomendasi Destinasi Wisata Jabar

WARTABELANEGARA , CIWIDEY || Bosan dan jenuh, kadang selalu merasuki hati manusia. Memilih tempat rekreasi yang pas adalah keinginan setiap manusia. Destinasi wisata alam yang benar dan sesuai ekspetasi saat ke lokasi, tentu berharap bisa menyenangkan hati. Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah yang masih banyak memiliki tempat lokasi wisata  dengan panorama  asri dan alami cukup terjaga baik. Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu destinasi wisata berada di Jawa Barat yang patut di coba untuk dikunjungi. Baik itu perjalanan bersama keluarga, sendiri atau kegiatan family gathering.

 

Lokasi Wisata Kawah Putih Ciwidey, yang berjarak lebih kurang 20 KM tidak jauh dari pusat kota Bandung.  Akses ke lokasi yang cukup mudah dan bagus. Bagi pengendara roda empat, bisa dari Tol Purbaleunyi lalu melanjutkan masuk Tol Seroja keluar di Soreang. Selain Kawah Putih sekitar  area ini memilik titik tempat untuk rekreasi, kebun strawbery bisa petik sendiri, pemandian air panas, wahana permainan dan lain-lainya.  Bermalam atau menginap tidak terlalu susah. Banyak tersedia penginapan baik berupa hotel, vila bahkan homestay yang terjangkau oleh isi dompet.

Saat tiba di kawah putih, anda bisa parkir kendaraan yang cukup sangat luas. Banyak warung -warung yang menjajakan makanan, buah-buahan seperti strawberry juga souvenir, cocok untuk oleh-oleh. Jika ingin melanjutkan perjalanan ke puncak lokasi keberadaan kawah, bisa menggunakan beberapa cara. Pilihan dan keputusan ada pada anda, dengan pertimbangan kondisi mobil, biaya dan efesiensi.

Pertama menggunakan kendaraan sendiri/pribadi dengan perhitungan biaya masuk kendaraan, tiket masuk perorang dan parkir kendaraan. Kedua menggunakan kendaraan yang dengan sebutan ontang-anting yang tersedia oleh pengelola, dengan biaya tanda masuk sekitar Rp. 59.000/orang.

Perjalanan dari parkir utama bawah ke kawah, menempuh perjalanan sekitar 15 menit dengan perjalanan posisi menanjak terus. Kondisi jalan yang ada cukup lebar dan sebagian sudah berhotmik. Panorma sepanjang perjalanan ke kawasan terlihat indah sekali, menghilangkan rasa lelah yang ada.

Sampai di lokasi kawah, anda akan di sambut oleh panorama kabut tebal dan udara dingin yang sangat luar biasa. Di lokasi ini pun, memiliki sarana dan prasarana yang kami anggap cukup baik, khususnya bagi lansia. Banyak sekali spot untuk berfoto ria, dengan latar belakang yang sangat indah. Baik itu di kawahnya yang berwarna kehijauan atau bisa ke lokasi spot foto view khas pegunungan.

Berada di kawah ini tidak membuat orang merasa bosan, akibatnya sampai lupa waktu, baru terasa ketika haus atau lapar. Hanya sayang, dilokasi ini tidak ada yang berjualan makanan atau minuman. Mungkin agar tetap menjaga kebersihan dari sampah. Perjalanan turun dari kawah kembali ke pintu masuk atau parkir utama, tidak memakan waktu lama, waktu tempuh sekitar kurang lebih 10 menit.

Satu kekurangan berkunjung ke destinasi kawah putih ini, tidak adanya ATM atau pembayaran dengan Kartu Debit / Kredit yang tersedia. Jadi buat para wisatawan ke objek wisata kawah putih, sebaiknya membawa uang cash atau tunai.

Penilaian tim media saat ada di kawah putih, jauh dari praktek pungli  dari pengelola dan masyarakat lokal atau getok harga. Mereka semua terlihat santun dan ramah kepada para pendatang atau wisatawan. Semua wisatawan bukan dijadikan objek uang, tapi sebagai tamu.

Berlibur menyambut tahun 2023 di kawah putih memiliki kesan tersendiri yang cukup menyenangkan. Betah rasanya berada hidup di lingkungan yang asri dan natural, jauh dari hingar bingar serta polusi udara. Mari kita terus jaga kelestarian lingkungan hidup.(Aninngel)

Ini Lokasi Rekomendasi Kuliner Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

BACA BERITA LAIN : DISINI

Kawah Putih Ciwidey / danakirtimedia

Tags: ,

PORTAL | Warta Bela Negara