Portal Warta Bela Negara

Ini Lokasi Rekomendasi Kuliner Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

ini Dia Rekomendasi Kuliner Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

ini Lokasi  Rekomendasi Kuliner Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

WBN, Cirebon || Kota Cirebon memiliki sejarah kerajaan yang dikenal dengan julukan Kota Walisongo, Sunan Gunung Jati ini tidak pernah lekang oleh waktu sampai saat ini. Kota yang berada di ujung Jawa Barat dan memiliki geografis laut dan pegunungan. Mempunyai banyak tujuan destinasi wisata yang wajib kita kunjungi. Destinasi wisata dengan panorama pegunungan yang dingin dan pesisir pantai yang indah.

Dengan memiliki nilai geografis yang lengkap (gunung, danau dan laut), tentu sangat mempengaruhi kuliner makanan yang ada di kota ini. Berlibur di Kota Cirebon memang pilihan yang tepat untuk para keluarga maupun solo traveling. Melihat keindahan panorama alam juga dengan pilihan sejuta kuliner jika berada di kota ini.

Beberapa wisata religius atau sejarah perjuangan. Seperti Kraton Kesepuhan, Linggar Jati di Kuningan, beberapa lokasi wisata alam lain seperti Bukit Gronggong di Kec. Beber, Cirebon Waterland berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Bukit Cinta Anti Galau di Mundu, danau di Sedong dan tempat produksi kerajinan batik di Trusmi. Predikat yang sudah Go To Internasional sebagai destinasi oleh wisatawan manca negara.

Pada saat libur akhir tahun 2022, tim media berkesempatan berlibur mengunjungi kota cirebon, untuk menikmati indahnya kota wali ini, sekaligus berkuliner mencicipi beberapa makanannya, berbagai lokasi yang tersiar di media sosial pada Hari Sabtu, 31 Desember 2022.

Adapun dari beberapa kuliner tradisional yang ada di Cirebon seperti Nasi Jamblang Mang Dul, Nasi Jamblang Bu Nur, Empal Gentong H.Apud, dan lainnya. Menurut kami ada beberapa kuliner di bawah ini Rekomendasi Kuliner Cirebon yang patut untuk dikunjungi dengan penilaian harga yang murah, higienis dan lezat serta cocok sebagai oleh-oleh Cirebon.

Bandeng Isi

 

jamu-kunyit-arrahman-250x250 Ini Lokasi Rekomendasi Kuliner Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

 

bandeng-isi-arrahman-cirebon-250x187 Ini Lokasi Rekomendasi Kuliner Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

 

Salah satu lokasi yang menjadikan rekomendasi yang menarik untuk tim media coba adalah Bandeng Isi dan Jamu Kunyit. Beruntungnya saat tim media mencicipi olahan Bandeng Isi dan meminum Jamu Kunyit, kami bertemu pemilik usaha UMKM tersebut yang bernama Lili Mulyati atau yang akrab dipanggil Lili.

Lokasi penjualan Bandeng Isi dan Jamu Kunyit yang berada di Jl. Taman Indah 4 No.178, Taman, Kalijaga, permai, Kota Cirebon, Jawa Barat 45144 .

Bandeng Isi Ar-Rahman memiliki rasa yang lezat dan gurih, dan tidak amis. Pemesanan Bandeng Isi Ar-Rahman dapat secara Online ke nomor 081911307605 atau langsung berkunjung ke lokasi.

Seorang pengunjung yang berawal membeli Bandeng Isi secara online, saat cuti libur kerja ia meluangkan waktu berkunjung langsung ke lokasi penjualan Bandeng Isi Ar-Rahman

“enak sekali, dari beberapa bandeng isi yang sudah saya coba, Bandeng Ar-Rahman rasanya paling nikmat karena tidak amis dan gurih, tidak kalah dengan Bandeng yang sudah branded. Saya pesan untuk oleh-oleh.” Ujar Fanisa,  wisatawan dari Jakarta.

Lokasi Map : https://goo.gl/maps/7KB4FdXiLvAE4fPD8

 

Kedai Ibu Elpus

 

kedai-ibu-elpus-cirebon-250x402 Ini Lokasi Rekomendasi Kuliner Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

 

Kedai Ibu Elpus menyediakan berbagai jenis makanan, salah satu menu andalannya adalah Gombyang Kepala Ikan dan untuk minumannya Es Kelapa Muda Tjampolay.

Berlokasi di Jl.Diponegoro no. 31 (Sebelah SPBU Pom Bensin, depan kantor kelurahan kesenden. Kota Cirebon)

Salah satu pengunjung yang mencicipi makanan dari Kedai Ibu Elpus memberikan review cukup baik, khususnya ikan manyung gomyangnya, ikan gomyang tersebut ciri khas makanan Indramayu, jadi yang di Cirebon atau para wisatawan tidak perlu jauh-jauh ke Indramayu, di warung ibu Elpus sudah tersedia dan tidak kalah enaknya dengan yang di Indramayu.

“Rasanya mantul, gomyang kedai ibu Elpus tidak terasa anyir dibanding yang di Indramayu terasa anyirnya.” Pungkas Helly Haryanti wisatawan dari Bandung

Selain gomyang tersedia menu lainnya Gombyang Kepala ikan,  Belut Goreng sambal,  sayur asem, timbel, Lengko. Untuk minumannya Es timun serut jeruk nipis, Es Kelapa muda tjampolay, Es Jeruk Peras, Kopi pahit khas cirebon.

 

Warung Pak Achyar

Di urutan ke 3, ada Warung Pak Achyar dengan menu Nasi Lengkonya. Warung yang berada di lokasi Pergudangan APL di Jl. Katiasa Baru depan Terminal Harjamukti ini tidak hanya menyediakan Nasi Lengko ada berbagai jenis makanan lain yang ada.

Warung yang awalnya berdiri khusus untuk para pekerja di pergudangan APL Katiasa Baru, namun saat ini diburu juga oleh penikmat makanan Nasi Lengko dari luar .

Seorang Wisatawan dari Bogor yang bernama Nining, yang setiap liburan dari Bogor pasti akan berkunjung ke Warung Pak Achyar untuk menikmati Nasi Lengkonya.

“Setiap saya ke Cirebon pasti saya selalu kesini, untuk menikmati Nasi Lengko di Warung Pak Achyar bersama keluarga saya, rasanya enak sekali berbeda dengan nasi lengko yang sudah saya pernah coba di Cirebon,” Jelas Nining wisatawan dari Bogor

Warung Pak Achyar berlokasi di Jl. Angkasa Raya No.9, Harjamukti, Kec. Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 45143

Lokasi Map : https://goo.gl/maps/5xUfxmpqpXwEnvZs9

 

Tidak cukup rasanya mengambil liburan hanya satu hari, Rencanakan dan luangkan waktu anda untuk berlibur di kota cirebon setidaknya lebih dari 3 hari, untuk bisa menjelajahi seluruh sewilayah III Cirebon ini. Selamat mencoba.

 

Penulis : Fredly Manulang
Editor : Aninggel

Festival Pekalipan Cirebon : “Akurturasi” Budaya Caruban Nagari

 

Teater Roempoet UMC Sukses Gelar Pementasan Surat Pada Gubernur

BACA BERITA LAIN : DISINI

BACA JUGA : SELANJUTNYA  1, 2

Ini Lokasi Rekomendasi Kuliner Cirebon / danakirtimedia

Tags: , , ,

PORTAL | Warta Bela Negara