News : BUMS Dalam Memenuhi Kebutuhan Alutsista TNI

BUMS Dalam Memenuhi Kebutuhan Alutsista TNI

BUMS Dalam Memenuhi Kebutuhan Alutsista TNI

WARTABELANEGARA, JAKARTA — Kepala Pusat Pengkajian Strategis Penelitian dan Pengembangan TNI (Kapusjianstralitbang TNI) Mayjen TNI A. Z.R. Dondokambey, S.E., M.M. membuka acara Focus Group Discussion (FGD) dengan mengangkat tema “Pemberdayaan Industri Pertahanan Bums Guna Mengembangkan Kekuatan Alutsista TNI Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok”,  yang diikuti 35 orang peserta bertempat di Auditorium Pusjianstralitbang TNI Jl. Kebon Sirih No. 42  Jakarta Pusat. Kamis (3/8/2023).

 

Dalam pelaksanaan FGD tersebut, Kapusjianstralitbang TNI menyampaikan bahwa latar belakang dari penyelenggaraan FGD ini dikarenakan pentingnya ketersediaan Alutsista yang memadai bagi TNI dalam mencapai keberhasilan melaksanakan tugas pokok.

 

Lebih lanjut Mayjen TNI Dondokambey menguraikan bahwa  berdasarkan pengalaman sejarah Bangsa Indonesia ketika mengalami embargo senjata dari negara produsen yang menyebabkan banyak alutsista TNI yang harus di grounded akibat tidak terdukungnya suku cadang.

“Kondisi ini berdampak terhadap menurunnya kesiapsiagaan TNI dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan negara,” ucap Jenderal bintang dua ini.

 

Adapun tujuan dari diselenggarakannya FGD ini adalah untuk mendapatkan saran masukan dan tanggapan guna kesempurnaan dari naskah kajian strategis yang telah disusun oleh tim pokja.

 

“Saya berharap kepada para peserta FGD agar dapat memberikan saran dan tanggapan yang konstruktif serta akademis sehingga diperoleh suatu rekomendasi yang dapat dijadikan acuan bagi pimpinan dalam menentukan kebijakan terkait dengan pemberdayaan industri pertahanan BUMS (Badan Usaha Milik Swasta) dalam memenuhi kebutuhan Alutsista TNI,” pungkas Mayjen TNI Dondokambey.

 

Hadir sebagai narasumber pada acara FGD ini diantaranya Pinhantanas Mayjen TNI (Purn) Jan Pieter Ate, M.Bus., M.A., Staf Bidang Litbangyasa Komite Kebijakan Industri Pertahanan Kolonel (Purn) Victor Ngadi Kaban dan Ditjakstrahan Kemhan Kolonel Laut (K) Dr. Steven Toar Sambouw, S.H., S. Kep., M.H., M.A.P. serta dipandu narasumber Kolonel Ahmad Bukhori, S.Sos., M.Si yang sehari-hari menjabat sebagai Kabidjiab Dodiklat Pusjianstralitbang TNI.

 

Baca Berita Selanjutnya

Kapusjianstralitbang TNI: Lokakarya Track II Network of Asean Defence & Security Institutions

 

 

Selanjutnya

 

BUMS Dalam Memenuhi Kebutuhan / danakirtimedia
Visited 6 times, 1 visit(s) today

Tags: , , , , , , , , ,

Kategori