Portal Warta Bela Negara

Pertemuan Bakamla RI dan China Coast Guard Bahas Kerjasama

Pertemuan Bakamla RI dan China Coast Guard Bahas Kerjasama

Pertemuan Bakamla RI dan China Coast Guard Bahas Kerjasama

WARTABELANEGARA, Hanoi — Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dan Director General China Coast Guard Mayor Jenderal Yu Zong bertemu dalam bilateral meeting di Hanoi, Sabtu (10/12/2022)

Pertemuan antar dua kepala lembaga penegak hukum yang dilaksanakan dalam kegiatan 1st Vietnam Coast Guard and friends itu dilaksanakan dalam suasana yang hangat dan bersahabat.
Dalam kesempatan tersebut, baik Bakamla RI dan China Coast Guard sepakat bahwa kerjasama perlu ditingkatkan di masa depan. Hal ini dilandasi oleh MoU antara pemerintah RI dan China yang ditandatangani pada tahun 2021 lalu tentang peningkatan keamanan maritim.
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dalam pembukaannya mengatakan bahwa dalam era globalisasi saat ini, kerjasama maritim di kawasan sangat dibutuhkan karena karakter ancaman maritim yang dominan bersifat lintas batas.
“Kerjasama antar lembaga penegak hukum negara-negara didunia harus terus ditingkatkan dan dikembangkan dalam rangka mengantisipasi dinamika ancaman maritim,” kata Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.
Direktur Jenderal China Coast Guard Mayjen Yu Zong mengamini dan mendorong peningkatan kerjasama antara Bakamla RI dan China Coast Guard. “Kerjasama ini merupakan implementasi dari MoU antar kedua negara”, katanya. Ia juga mengapresiasi keberhasilan Bakamla RI dalam penyelenggaraan ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali, bulan lalu.
Lebih lanjut, “berbagi informasi, peningkatan kapasitas melalui Diklat, dan kunjung kapal adalah opsi kerjasama terbaik untuk membangun CBM”, pungkas Laksdya TNI Dr.Aan Kurnia.

Pertemuan Bakamla RI / wartabelanegara

 

ASEAN Coast Guard Forum 2022 hasilkan Deklarasi ASEAN CG

BACA JUGA  Resmikan Pos Satgas Pamtas RI-PNG, Brigjen TNI Reza Pahlevi Pakai Perahu Ketinting

Tags: , , ,