Portal Warta Bela Negara

Bakamla RI Courtesy Call ke Dubes RI di Hanoi

Bakamla RI Courtesy Call ke Dubes RI di Hanoi

Bakamla RI Courtesy Call ke Dubes RI di Hanoi

WARTABELANEGARA, Hanoi — Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bertemu dengan Dubes RI Denny Abdi di Hanoi, Sabtu (10/12/2022). Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan pada pertengahan tahun 2022, saat itu dalam kegiatannya di tanah air, Dubes RI mengunjungi Mabes Bakamla RI.

Courtesy call Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dilaksanakan dalam kesempatan kegiatan Kepala Bakamla RI menghadiri undangan Vietnam Defence Expo 2022 di Hanoi dan pertemuan perdana Vietnam Coast Guard and Friends.

Dubes RI menjelaskan tentang situasi dan kondisi Vietnam dan perkembangan hubungan RI dan Vietnam yang semakin membaik. “Presiden Vietnam akan melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo pada akhir Desember,” jelas Dubes RI.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menjelaskan maksud kedatangan di Hanoi adalah memenuhi undangan Vietnam Coast Guard. Kepala Bakamla juga mengungkapkan bahwa hubungan Bakamla dan Vietnam Coast Guard sangat baik.

“Bakamla dan Vietnam Coast Guard telah mengimplementasikan single point of contact dalam hubungan keamanan maritim kedua negara. Hal ini terlihat dari komunikasi intensif keduanya dalam menangani isu keamanan maritim.

“Tahun 2020 yang lalu, saat KIA Vietnam tenggelam di LNU, VCG meminta bantuan SAR. Demikian juga saat kapal motor Indonesia tenggelam di perairan Vietnam, VCG memberikan informasi dan membantu SAR,” jelas Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Dubes RI mengapresiasi langkah-langkah Bakamla RI dalam menjalankan perannya sebagai koordinator kerjasama keamanan laut internasional. Lebih lanjut Kepala Bakamla mengatakan “ini adalah amanat PP No.13 Tahun 2022,” pungkasnya.

 

Bakamla RI Hadiri Vietnam Coast Guard and Friends 2022

Tags: , , , ,