News : Rakorwas TNI dan Kemhan Sebagai Evaluasi Pengawasan

Rakorwas TNI dan Kemhan Sebagai Evaluasi Pengawasan

Rakorwas TNI dan Kemhan Sebagai Evaluasi Pengawasan Guna Tingkatkan Profesionalitas APIP


 

WARTABELANEGARA, JAKARTA – Inspektorat Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto membuka secara resmi Rapat Koordinasi dan Pengawasan (Rakorwas) Inspektorat TNI dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Tahun 2023, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (14/12/2023).

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam sambutannya yang dibacakan Irjen TNI menyampaikan bahwa Rakorwas Inspektorat TNI dan Kemhan diselenggarakan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja pengawasan tahun 2023 serta meningkatkan sinergitas dan profesionalitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) guna mewujudkan pelaksanaan pengawasan yang transparan dan akuntabel.

Adapun yang menjadi sasaran pada Rakorwas Inspektorat TNI tahun 2023 yaitu tercapainya pelaksanaan pengawasan yang berkualitas dan menjadi bagian dari solusi bagi pemecahan masalah yang terdapat pada entitas audite dan tercapainya sinkronisasi Program Kerja Pengawasan Tahunan Itjen TNI, Irjen Kemhan dan Itjen Angkatan TA 2024.

Disamping itu, Rakorwas ini diharapkan terwujudnya kerjasama dan kemitraan yang saling mengedukasi antara Inspektorat TNI dan Kemhan dengan instansi terkait terutama Kemenku, Kemenpan RB, BPK RI dan BPKP dalam rangka mendukung tugas pokok jajaran APIP TNI dan Kemhan.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa capaian di bidang Akuntabilitas Kinerja dan Keuangan TNI dan Kemhan selama 5 tahun berturut-turut dari tahun 2018 hingga 2022 mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah menunjukan kinerjanya dengan sangat baik atas capaian ini,” ucap Jenderal Agus Subiyanto.

“Di sisi lain masih terdapat beberapa capaian TNI dan Kemhan yang perlu ditingkatkan yakni terkait Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Reformasi Birokrasi dan SAKIP. Hingga saat ini belum ada satu Satker pun yang berhasil memperoleh predikat WBBM,” jelas Panglima TNI

Rakorwas TNI dan Kemhan tahun 2023 yang mengangkat tema “Penguatan Pengawasan Internal Dalam Mengawal, Mengoreksi dan Mengraahkan Satker di Lingkungan TNI Agar Dapat Menggunakan Anggaran Secara Efektif Dan Sesuai Peraturan Perundang-Undangan” diikuti oleh 113 peserta dari Itjen TNI, Itjen Kemhan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan.

Dalam pelaksanaan Rakorwas Inspektorat TNI tahun 2023 ini juga dilaksanakan diskusi panel dengan menghadirkan tiga orang pemateri yakni Pimpinan BPK RI Nyoman Adhi Suryadnyana, Direktur Anggaran Bid. Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Menkeu RI Dr. Dwi Pudjiastuti Handayani, dan Deputi Kepala BPKP Bid. PIP Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto dan moderator dari Section Head of Public Relations NET Rahma Hayuningdyah.

Bapak Nyoman Adhi Suryadnyana membawakan materi Penguatan Pengawasan Internal Atas Penggunaan Anggaran Di Lingkungan Kemhan dan TNI. Dr. Dwi Pudjiastuti Handayani dengan materi Penguatan Pengawasan Internal Dalam Mengawal, Mengoreksi dan Mengarahkan Satker di Lingkungan TNI Agar Dapat Menggunakan Anggaran Secara Efektif dan Sesuai Peraturan Perundang-Undangan. Sedangkan Bapak Iwan Taufiq Purwanto memaparkan tentang Penguatan Peran APIP Dalam Mengawal Tujuan dan Peran TNI.

Turut hadir Pangkogabwilhan I dan II, Irjenad, Irjenal, Irjenau, Koorsahli Panglima TNI, para Asisten Panglima, Kabalakpus TNI dan pejabat lainnya. (Puspen TNI)


 

 


Rakorwas TNI dan Kemhan / dmn
Visited 23 times, 1 visit(s) today

Tags: ,

Kategori