Portal Warta Bela Negara

Bupati: Pelatihan Akutansi Koperasi Tahun 2022 Penting bagi Koperasi di Bengkalis 

Bupati

Bupati: Pelatihan Akutansi Koperasi Tahun 2022 Penting bagi Koperasi di Bengkalis

WBN, Bengkalis – Guna meningkatkan citra serta kepercayaan masyarakat dalam pengelolaan usaha. Penting bagi koperasi untuk menerapkan laporan berbasis akuntansi.

Demikian di jelaskan Bupati Bengkalis melalui Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Setda Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafrim. Saat membuka Kegiatan Pelatihan Akuntansi Koperasi Tahun 2022, Jumat (2/12/2022). Bertempat  di Aula Hotel Surya, Desa senggoro kecamatan Bengkalis kabupaten bengkalis.

Acara ditaja Kantor Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah turut di hadiri Kepala Dinas Kantor Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Sufandi. Kabid Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Edi Purnama. Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Propinsi Riau. Selaku narasumber Jatri Sarmawi, dan para peserta pelatihan.

Berdasarkan laporan yang kami terima, Lanjut Johan saat ini masih banyak ditemui koperasi – koperasi di Kabupaten Bengkalis. Yang belum menerapkan pengelolaan usaha melalui manajemen akuntansi yang baik. Bahkan kebanyakan koperasi yang ada di daerah ini. Justru masih melakukan pencatatan dan penyimpanan data secara manual. Yang membuat pencarian data lebih memakan waktu dan menjadi tidak efisien.

“Makanya bagi Bapak/Ibu para pengelola koperasi wajib menyusun laporan keuangan sesuai. Dengan sistem akuntansi karena sebagai pengurus nantinya wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangan. Kepada para anggota koperasi pada saat RAT. Dan dari penyajian laporan keuangan tersebutlah nantinya baru kita bisa mengetahui apakah koperasi yang di kelola dalam keadaaan sehat atau tidak,” ujar Johansyah.

Akuntabilitas koperasi sambung Johansyah lagi berkaitan erat hubungannya dengan citra koperasi. Dan kepercayaan masyarakat untuk memilih koperasi sebagai lembaga yang mampu meningkatkan tarap hidupnya. Oleh karenanya penting untuk melakukan pengelolaan koperasi. Yang akuntabel di dukung melalui tertibnya pelaksanaan RAT. Penilaian kesehatan dan pemeringkatan koperasi serta peningkatan profesionalisme pengurus.

BACA JUGA  Dukung ASO, Dirjen Bina Adwil Sosialisasikan Migrasi TV Digital ke Camat dan Lurah

“Semoga dengan di selenggarakannya kegiatan pelatihan akuntansi dapat membawa manfaat. Khususnya bagi para pengurus koperasi. Sehingga di harapkan nanti pengurus koperasi mampu membenahi koperasinya dari segi keuangan,” harap Johansyah.

 

Penulis : Ridwan
Editor : Rieqhe

Berita Lain : Polri Ungkap 2 Kasus Penghimpunan Dana Ilegal yang Rugikan Warga Hingga Triliunan

 

Bupati / WBN

Tags: , ,