News : Latihan Interoperabilitas Penanganan Bencana

Latihan Interoperabilitas Penanganan Bencana

latihan-interoperabilitas-penanganan-bencana

Latihan Interoperabilitas Penanganan Bencana, ASEX -01 Tumbuhkan Soliditas ASEAN

WARTA BELA NEGARA, NATUNA — Kegiatan Asean Solidarity Exercise (Asex -01) Natuna yang dibuka secara resmi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada Selasa (19/9/23) kemarin, kini sejumlah kegiatan bergeser ke Natuna. Kapal Perang Indonesia (KRI) dr. Radjiman Wedyodiningrat yang membawa sejumlah materiil dan personel militer negara ASEAN ini telah tiba di Dermaga Sabang Mawang, Natuna, tepat pada pukul 07.15 WIB , Kamis pagi (21/9/2023).

BACA JUGA BERITA LAIN KAMI  Bakamla Tutup Rangkaian Latihan Kesiapan SAR di Manado

Setelah KRI Radijiman Wedyodiningrat berlabuh di Dermaga Sabang Mawang, kegiatan dilanjutkan presentasi kesehatan oleh peserta Asex 01-Natuna sebagai tukar pengalaman antar negara ASEAN dalam penanganan masalah kesehatan terhadap masayarakat yang terdampak bencana.

Latihan ini memberikan kesempatan negara peserta latihan untuk meningkatan kemampuan dan interoperabilitas dalam memberikan bantuan medis kepada sesama negara ASEAN yang terdampak bencana yang pada akhirnya akan menumbuhkan rasa saling peduli dan soliditas diantara negara kawasan.

BACA JUGA BERITA LAIN KAMI  The Rising Tide 2023 : Stop Wariskan Sampah

Pemaparan tentang masalah kesehatan pada kegaiatan Asex 01-Natuna tahun 2023 ini sebagai bagian dari tukar pengalaman dengan negara ASEAN untuk menambah wawasan dalam penerapan dilapangan, khususnya dalam menangani bencana yang terjadi di kawasan ASEAN.

Pada presentasi Medical Capablities ( Medcap) dari Indonesia dipaparkan oleh Mayor Laut (K) Ronny Basirun Simatupang, S.Kep.Ns., M.Si (Han) dengan judul peran Kesehatan TNI dalam penanggulangan Bencana.

BACA JUGA BERITA LAIN KAMI  KTT Asean Ke 43 Jakarta, TNI Pastikan Keamanan

Sementara itu dari negara Thailand dengan judul Medic Inteligence oleh GP Capt Panuwat Momontin. Negara Singapura tentang prinsip umum dalam penanggulangan bencana disampaikan oleg Capt dr Chong Yi dan Malaysia dipaparkan oleh Major dr. Hafizul dengan judul peran kesehatan Royal Malaysia Navy dalam penanggulangan Bencana. (Puspen TNI).

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, setara “Rumah Sakit Tipe-C”

Latihan Interoperabilitas Penanganan Bencana / danakirtimedia
Visited 3 times, 1 visit(s) today

Tags: , , , ,

Kategori