News : Terbesar Sepanjang Sejarah, Latihan Super Garuda Shield 2023

Terbesar Sepanjang Sejarah, Latihan Super Garuda Shield 2023

Terbesar sepanjang sejarah

Terbesar Sepanjang Sejarah , Latihan Super Garuda Shield 2023

WARTA BELA NEGARA, Jawa Timur — Perhelatan Super Garuda Shield, sebuah ajang latihan bersama dengan skala cukup besar antara TNI dan militer negara-negara sahabat di kawasan Indo Pasifik.

Kembali digelar di Indonesia dan menjadi latihan multinasional terbesar yang diselenggarakan di Indonesia.

Dalam upacara pembukaan Super Garuda Shield 2023, bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. bersama I Corps Commanding General Lt Gen Brunson, dengan pasukan upacara yang terdiri dari TNI, USA, Australia, Singapura, dan Alat Utama Sistem persenjataan yaitu Astros & Himars, yang bertempat di Puslatpur 5 Marinir Baluran Jawa Timur, Kamis (31/8/2023).

BACA JUGA BERITA LAIN KAMI  Tank M1A1 Abrams Dan Puluhan Kendaraan Taktis Siap Latihan Super Garuda Shield

Dalam sambutannya Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., menyampaikan bahwa lebih dari 5.000 prajurit akan terlibat dari 17 negara, saling bahu membahu untuk meningkatkan kapabilitas dan juga kemitraan.

Baik itu sebagai peserta maupun pengamat, kehadiran setiap negara di tempat ini sangat berarti dan menunjukkan komitmen kita semua dalam mendukung perdamaian dan kerjasama.

BACA JUGA BERITA LAIN KAMI  Arus Logistik dan Alutsista Manca Negara dalam Super Garuda Shield

Lebih dari itu kegiatan ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk mengenal aneka produk tradisional Indonesia, budaya, adat istiadat dan keragaman yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Super Garuda Shield mereplikasikan lingkungan pertahanan dan keamanan yang dinamis dimana seluruh prajurit yang berpartisipasi akan berlatih dan mengembangkan kemampuannya dalam merencanakan, memimpin, dan berkomunikasi dengan sesama rekannya dalam waktu yang singkat ini.

“Latihan tahun ini akan mempersiapkan kita untuk menghadapi spektrum tantangan yang kompleks, melalui agenda latihan darat dan maritim, dan juga operasi airborne. Saya berharap kita mampu meningkatkan kesiapan dan memperkuat kepabilitas pertahanan kita,” Jelas Laksamana TNI Yudo.

BACA JUGA BERITA LAIN KAMI  Super Garuda Shield 2023 Akan Diikuti Militer 22 Negara 

Tujuan dari Latma Super Garuda Shield ini diantaranya yaitu meningkatkan kerjasama bilateral Military To Military dan hubungan militer yang positif.

Mengembangkan dan meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan fungsi gabungan (Joint Function) dan prosedur staf memanfaatkan kemampuan Kodal dari fungsi gabungan.

Mabes Angkatan Darat, Laut, Udara dan Koopssus TNI; Meningkatkan interoperability TNI dan U.S Indopacom dalam hal kapasitas untuk merencanakan operasi gabungan bersama.

Mengembangkan operasi Multilateral/ Combined pada level taktis dan memperkuat hubungan antara TNI dan U.S. Indopacom.

BACA JUGA BERITA LAIN KAMI  Pakar Tempur Prajurit TNI Tinjau Medan Super Garuda Shield TNI

Latihan ini diselenggarakan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) 5 Marinir Karang Tekok, Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Lapangan Grati Banyuwangi, Lanud Juanda, Bengko Alas, Dodiklatpur Kodam V/Brawijaya, dan Desa Sumber Rejo. (Puspen TNI).

Pakar Tempur Prajurit TNI Tinjau Medan Super Garuda Shield TNI

BACA JUGA BERITA LAIN KAMI  Pakar Tempur Prajurit TNI Tinjau Medan Super Garuda Shield TNI
BACA JUGA BERITA LAIN KAMI  Pasukan Elit TNI dan AS Latihan Bersama Kemampuan Menembak

#Garuda_Shield #Latihan

Terbesar Sepanjang Sejarah / danakirtimedia
Visited 4 times, 1 visit(s) today

Tags: , , , , , , ,

Kategori