Warta Bela Negara

Menkopolhukam dan Mendagri Apresiasi Prajurit Satgas PAM Ambon

Menkopolhukam dan Mendagri Apresiasi Prajurit Satgas PAM Ambon

Menkopolhukam dan Mendagri Apresiasi Prajurit Satgas PAM Ambon

WARTABELANEGARA – Ambon, Menko Polhukam Prof. Dr. Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P., dan Mendagri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D., mengapresiasi Satgas Pamputer Lantamal IX di Pulau Meatimiarang, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku.

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Maluku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian langsung meninjau Satgas Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) di Pulau Meatimiarang, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, Jumat (16/6/2023).

Pulau Meatimiarang yang merupakan wilayah kerja Lantamal IX adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Timor dan berbatasan dengan negara Timor Leste / Australia. Selain sudah ada Pos TNI AL di daerah terluar dan perbatasan, Danlantamal IX Brigjen Said Latuconsina juga menempatkan personel Satgas Pamputer Pulau Maetimiarang yang bertugas sejak pertengahan tahun 2022.

Satgas Ops Pamputer Pulau Maetimiarang diperkuat oleh prajurit Yonmarhanlan IX dibawah pimpinan Letda (Mar) Wahyudi Syaiful Nasibu sebagai Komandan Satuan Tugas Operasi (Dansatgas Ops).

Pada kunjungannya bersama rombongan yang didampingi oleh Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IX Ambon Letkol (Mar) Rowin Zummy Simarmata M.Tr.Opsla serta Dansatgas Pamputer Pulau Meatimiarang, Menko Polhukam dan Mendagri menyampaikan apresiasi kepada anggota Satgas Pamputer. Beliau berharap dengan adanya Satgas Pamputer dapat meratakan pembangunan, memberikan perlindungan dan keamanan, mendorong kemajuan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah terluar dan perbatasan.

Dalam kunjungan tersebut, Menko Polhukam dan Mendagri juga menyaksikan acara penyerahan tanah hibah untuk Pos Pamputer Pulau Maetimiarang seluas 30 × 50 meter persegi oleh Bapak Paulinus Wolantery kepada Dansatgas Ops Pamputer Pulau Maetimiarang. Selain itu Menko Polhukam dan Mendagri memberikan bantuan berupa Solar Cell dan 1 Unit Genset serta bantuan sembako kepada anggota Satgas Pamputer dan Masyarakat Pulau Maetimiarang desa Luang Barat.

Menanggapi hal tersebut, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina menyampaikan terimakasih atas apresiasi yang diberikan pada prajurit Yonmarhanlan IX, sudah merupakan tugas dan kewajiban seorang Prajurit TNI Angkatan Laut di daerah terluar dan perbatasan.

“Saya berharap dengan adanya apresiasi tersebut dapat menjadi motivasi dan semangat bagi seluruh anggota untuk mengabdikan diri sebagai Prajurit Matra Laut di wilayah perbatasan,” ujarnya.

(Dispen Lantamal IX/Ambon)

Baca juga :

Pengarahan Menkopolhukam dan Mendagri Tentang Pencanangan Gerbangdutas

Klik disini

Danlantamal IX Ambon Apresiasi Putra-Putri Maluku Yang Berprestasi di Bidang Olahraga Perairan

Klik disini

Menkopolhukam dan Mendagri Apresiasi Prajurit Satgas PAM Ambon / Danakirti Media

Tags: , ,